Bagaimana Budaya Pernikahan Barat?

Nusantaraweddingexpo.com – Budaya barat sudah memiliki pengaruh yang besar di Indonesia. Salah satu pengaruh yang besar diberikan oleh budaya barat adalah bagaimana menggambarkan pernikahan. Ritual pernikahan yang dilakukan oleh budaya barat dan Indonesia sangat berbeda. Tetapi tidak sedikit dari orang Indonesia yang juga mulai mencoba untuk melakukan pernikahan dengan budaya barat. 

Di Indonesia, pernikahan budaya barat masih jarang diadakan. Bukan karena tidak diperbolehkan tetapi karena beberapa rangkaian pernikahan budaya barat dirasa kurang sesuai dengan budaya yang ada di Indonesia. Tetapi ini bukan berarti kamu tidak bisa ikut mencoba merayakan pernikahan budaya barat di Indonesia. Ada beberapa budaya pernikahan budaya barat yang masih bisa kamu tiru atau lakukan di Indonesia tanpa menghilangkan esensi dari pernikahan adat budaya di Indonesia.

Melamar Sambil Berlutut

Apakah kamu gak tahu proses lamaran yang dilakukan pria dengan bertekuk lutut disertai menyodongkan cincin pernikahan kepada wanita? Mengandung kesan romantis dan intim, karena momen tersebut hanya dirasakan kalian berdua saja. Sudah menjadi budaya yang sangat umum melamar kekasih tanpa izin restu kedua orang tua. Karena memang pada dasarnya hanya kalian yang menjalani kehidupan. Proses lamaran di Indonesia yang umumnya pria mendatangi kedua orang tua wanita untuk meminta restu serta kelancaran.

Walking in The Aisle

Di Indonesia juga ada prosesi berjalan menuju pelaminan. Bedanya kalau pernikahan barat pengantin di iringi oleh gadis pembawa bunga, bridesmaid dan groomsmen. Pengantin pria berjalan bersama ayahnya, kemudian di ikuti oleh pengantin wanita yang menjadi sorotannya sendiri. Jujur deh, pasti kamu sebagai wanita ingin kan menjadi sorotan sendiri di hari bahagiamu?

Bachelor dan Bachelorette Party

Pesta lajang ini dilakukan budaya Barat di mana calon pengantin mengadakan pesta bersama kerabat dekatnya sebelum menggelar hari pernikahan. Pada dasarnya pesta lajang ini hanyalah sekedar makan malam bersama kerabat dekat, namun sekarang identik dengan kehidupan malam. Pesta lajang ini dilakukan pada malam hari yang biasanya mengadakan di tempat-tempat hits seperti kafe atau bar.

Berbaur dengan tamu saat pernikahan

Kalau pengantin Indonesia hanya berdiri dan menunggu para tamu di pelaminan, beda halnya pengantin Barat yang memiliki kebebasan berbaur dengan para tamu undangan. Jadi, kamu tak hanya bersalaman namun kamu bisa merasakan kebahagiaan yang sebenarnya bersama para tamu. Lebih menyenangkan, bukan?

First Dance 

Setelah acara resepsi berlangsung, biasanya akan ada momen berdansa pertama sebagai suami-istri. Hal yang unik serta memberikan kesan romantis di hari bahagiamu! Dansa pertama ini dilakukan di depan semua tamu yang datang di tengah venue wedding. Momen seperti ini yang akan menjadi kenangan buat kamu tersendiri dengan pasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *